Penguatan dan Pengarahan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kepada Jajaran Pemasyarakatan se-Sumatera Barat oleh Sahli Bidang Penguatan RB


 

Padang, INFO_PAS - Bertempat di Axana Hotel Padang, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIB Padang, Widiarti ikuti Penguatan dan Pengarahan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi serta Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Bidang Pemasyarakatan oleh Staf Ahli (Sahli) Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Iwan Kurniawan didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Sesditjen Pas), Heni Yuwono beserta Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jawa Tengah, Supriyanto, Sabtu (13/11).

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumbar didampingi Pimti Pratama serta seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka.UPT) di jajaran Kanwil Kemenkumham Sumbar. Kakanwil R. Andika Dwi Prasetya membuka secara langsung kegiatan siang ini.

Sesditjenpas, Heni Yuwono memaparkan terkait Program Pelaksanaan Prinsip Dasar Pemasyarakatan yang selanjutnya disebut Program Back To Basics sebagai strategi peningkatan kualitas layanan Pemasyarakatan berdasarkan prinsip dasar Pemasyarakatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Berdasarkan Dasar hukum pelaksanaan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Nomor : PAS-38.OT.02.02 Tahun 2021 tentang Program Pelaksanaan Prinsip Dasar Pemasyarakatan (Back to Basics).

Selanjutnya paparan Pembangunan Zona Integritas oleh Sahli Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Iwan Kurniawan, dimana Sahli menjelaskan faktor-faktor apa saja yang dapat menjadi keberhasilan dalam menghadapi TPN nantinya. Diantaranya adalah komitmen pimpinan dan jajaran, sarana prasarana yang mendukung terciptanya pelayanan yang baik bagi pengguna, informasi yang jelas dan transparan hingga inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi penerima layanan.

Sebelumnya, Kadivpas Kanwil Jateng menjelaskan tentang Revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan dalam rangka penempatan Narapidana beresiko tinggi dan berpotensi menimbulkan gangguan kamtib kepada seluruh Ka.UPT yang hadir.

Pemberian pengarahan siang ini diberikan kepada Ka.UPT yang hadir secara langsung di Axana Hotel maupun pegawai pemasyarakatan yang hadir via daring zoom meeting. (hms)


Cetak   E-mail