LPP Padang Ikuti Launching KUMHAM-CSIRT oleh Sekjen Kemenkumham bersama Kepala BSSN


 

Padang, INFO_PAS - Pejabat Struktural Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIB Padang mengikuti secara virtual kegiatan Launching Computer Security Incident Response Team Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KUMHAM-CSIRT) oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM bersama Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang diselenggarakan di Graha Pengayoman, Selasa (14/6).

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemenkumham, Hermansyah Siregar dalam laporannya menyatakan bahwa pembentukkan KUMHAM-CSIRT ini merupakan salah satu upaya dalam mengoptimalkan penanggulangan ancaman kejahatan siber yang marak terjadi. BSSN telah menetapkan Kementerian/Lembaga menjadi prioritas nasional, salah satunya adalah Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara RI, Letnan Jenderal TNI (Purn) Hisna Siburian, dalam sambutannya mengatakan bahwa peningkatan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berbanding lurus dengan resiko keamanannya, sehingga organisasi harus selalu mengantisipasi ancaman dan serangan siber melalui kesiapsiagaan pengelolaan Insiden Siber dengan pembentukan CSIRT. Tim CSIRT harus mampu menjawab tantangan keamanan siber dengan terus melakukan peningkatan kapabilitas dan peningkatan kematangan (evaluasi). Beliau menambahkan bahwa sinergi, kolaborasi dan komitmen bersama merupakan salah satu kunci mewujudkan ruang siber yang aman dan sejahtera.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Komjen. Pol. Andap Budhi Revianto mewakili Menteri Hukum dan HAM RI secara resmi melaunching KUMHAM-CSIRT. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kita harus siap menghadapi perang siber, kita berada di sini dalam rangka menyikapi perkembangan lingkungan strategis karena masa depan sudah ada didepan kita. Beliau juga menyampaikan arahan Menteri Hukum dan HAM RI bahwa reformasi birokrasi dan reformasi digital harus dilaksanakan secara konsisten dengan pelayanan publik yang prima.

Pembentukan KUMHAM-CSIRT ini merupakan hasil sinergitas yang positif antara Kementerian Hukum dan HAM RI dengan BSSN. “Dengan dibangunnya KUMHAM-CSIRT diharapkan kepada seluruh pejabat pemangku fungsi teknologi informasi dan JF Pranata Komputer untuk selalu sigap dan proaktif melaksanakan langkah-langkah konkrit setiap indikasi serangan siber pada satuan kerja masing-masing dan mengkomunikasikannya kepada Tim KUMHAM-CSIRT”, tutup Andap. (hms)


Cetak   E-mail