Peringati Hardiknas Tahun 2022, Lapas Perempuan Padang Gelar Upacara Bendera

 

Padang INFO_PAS - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022 dengan tema “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”, Jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIB Padang yang terdiri dari Kepala Lapas, Pejabat Struktural, Regu Pengamanan, Staf, CPNS serta Warga Binaan menyelenggarakan Upacara Bendera di Lapangan Upacara Rutan Padang pada Jumat (13/5) bergabung dengan Jajaran Rutan Padang.

Hari Pendidikan Nasional yang biasanya diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya, namun sehubungan dengan Lebaran Idul Fitri 1443 H dan Cuti Bersama, maka untuk tahun ini pelaksanaan upacara peringatannya dilaksanakan serentak pada 13 Mei 2022.

Dalam Upacara tersebut, Widiarti selaku Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Padang sekaligus bertindak sebagai Pembina Upacara mengenakan pakaian adat sesuai edaran Sekjen Nomor : SEK-UM.04.01-132 tanggal 12 Mei 2022 tentang Pedoman Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 dilingkungan Kemenkumham. Sedangkan seluruh Pegawai menggunakan Seragam KORPRI dan Warga Binaan menggunakan seragam WBP.

Dalam amanatnya, Pembina Upacara menyampaikan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang mengumandangkan Merdeka Belajar bagi Guru dan Murid di seluruh.

“Hari ini adalah bukti. Bukti bahwa kita lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut mencoba. Di tengah hantaman ombak, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar yang telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia. Kurikulum Merdeka telah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang menyenangkan dan memerdekakan,” ujar beliau.

Selain itu, dalam pidatonya, Mendikbudristek mengajak semua pihak untuk terus maju demi pemulihan bersama.

“Kita belum sampai di garis akhir maka tidak ada alasan untuk berhenti bergerak. Akan ada rintangan yang jauh lebih tinggi dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar,” tutupnya.

Upacara berlangsung penuh khidmat dan tetap menerapkan protokol kesehatan. (hms)


Cetak   E-mail