Petugas Perawatan Lapas Perempuan Padang Ikuti Webinar Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia

 

Padang, INFO_PAS - Sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan jiwa dan mental, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIB Padang melalui petugas perawatan mengikuti kegiatan webinar yang bertemakan Hari Kesehatan Mental Dunia dilaksanakan secara virtual oleh Direktorat Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi, Rabu (13/10/2021).

Kegiatan ini dibuka oleh Muji Raharjo Drajat Santoso, Bc. IP., SH., MM. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada seluruh tenaga kesehatan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan atas dedikasinya dalam menanggulangi pandemi covid-19.

Hadir sebagai moderator, Oke Komala Dewi,S.KM selaku Kasi Perawatan Mental dan Paliatif Direktorat Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi. Sementara itu narasumber dalam kegiatan ini terdiri dari 6 Pemateri yang akan ahli dalam bidangnya masing-masing.

Salah satu narasumber Dwi Permatasari, M.Psi,Psikolog selaku Psikolog Klinis menyampaikan tips bagaimana mengelola stress bagi pegawai Lapas. "Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh petugas pemasyarakatan dalam mengelola stress, yaitu mengenali kondisi mental diri sendiri, mengambil jarak dengan pekerjaan, melakukan manajemen stress, serta met time, self-Love, dan self care," jelas Dwi.

Sementara dr. ST Wahida Jalil, Sp.KJ.M.Kes selaku Dokter Madya Pada Rutan Makasar menyampaikan gangguan jiwa yang sering dialami oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan adalah depresi yang dapat berujung bunuh diri. Untuk mencegah itu harus melakukan pendekatan secara humanis.

"Untuk menekan tingkat depresi bagi Warga Binaan, petugas harus selalu menjadi pendengar yang baik bagi mereka," jelas dr.Wahida.

Kegiatan webinar ini ditutup dengan sesi tanya jawab dari peserta yang terdiri dari Petugas Pemasyarakatan di berbagai wilayah Indonesia. (hms)


Cetak   E-mail