Perkuat Sinergitas, Lapas Perempuan Padang Sambangi Polsek Koto Tangah, Koramil 06/Koto Tangah, dan Dinas Damkar Kota Padang

 

Padang, INFO_PAS - Dalam rangka memperkuat sinergitas antar Instansi, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka.KPLP) Reni Panggabean, Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban (Kasi Adm.Kamtib) Gusli Gaibar, beserta Jajaran Lapas Perempuan Kelas IIB Padang lainnya sambangi Polsek Koto Tangah, Koramil 06/Koto Tangah, dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Kamis (7/10).

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke Polsek Koto Tangah yang disambut langsung oleh Kapolsek Koto Tangah, AKP Afrino, SH,MH. Jajaran Lapas Perempuan Padang pun menyampaikan harapannya bisa mendapatkan dukungan Kepolisian terhadap peningkatan keamanan yang ada di Lapas.

"Melalui silaturahmi ini harapannya sinergitas antar sesama Instansi yang sebelumnya sudah baik akan bertambah baik lagi. Kami rencanakan untuk melibatkan Kepolisian dalam penggeledahan blok hunian warga binaan," ujar Reni Panggabean selaku Ka.KPLP.

Sementara itu, Kapolsek Koto Tangah menyambut baik koordinasi yang dilakukan pihak Lapas dan menyatakan siap membantu dalam peningkatan keamanan. "Kami selalu siap membantu pihak lapas terutama dalam pencegahan dan penindakan peredaran narkoba," ujar Kapolsek.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke Koramil 06/Koto Tangah. Jajaran Lapas Perempuan Padang pun juga menyampaikan maksud untuk memperkuat kerjasama dan koordinasi antar dua instansi dalam hal pengamanan dalam lapas.

Pada kesempatan tersebut, Jajaran Lapas Perempuan Padang pun disambut positif oleh Danramil, Kapten Infanteri Irsyad. Menurutnya kunjungan tersebut dapat membangun hubungan yang baik antar sesama APH. Beliau juga menyampaikan bahwa pihaknya mendukung penuh upaya lapas dalam peningkatan keamanan.

“Dalam mewujudkan keamanan, Koramil 06/Koto Tangah siap membantu menjaga keamanan dan kondusifitas baik didalam maupun diluar Lapas apabila sewaktu-waktu dibutuhkan ” tegas Danramil.

Tak hanya itu, kegiatan Koordinasi pun berlanjut ke Dinas Damkar Kota Padang. Hal ini bertujuan untuk melakukan Pelatihan tentang penanganan pertama mengenai Pemadaman Api agar hal-hal seperti Kebakaran di Lapas dapat ditangani dengan cara yang tepat. Kali ini pihak Lapas Perempuan Padang pun bertemu dengan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Drs.H.Dedi Henidal, MM.

Beliau menyampaikan Dinas Damkar Kota Padang siap untuk memberikan backup dan fast response apabila sewaktu-waktu dibutuhkan saat kondisi genting sekaligus siap memberi pembekalan kepada petugas Lapas Perempuan Padang agar sigap dalam menangani bencana kebakaran.

"Niat baik Lapas Perempuan Padang ini juga membantu salah satu program dan tanggung jawab kami memberi pengetahuan pertolongan pertama kepada masyarakat",ujar Dedi.

Melalui ketiga pertemuan ini, diharapkan terjalin komunikasi yang baik antar instansi yang terlibat sehingga memperlancar komunikasi, koordinasi serta kerjasama pada tugas yang berkaitan tersebut.(hms)


Cetak   E-mail