Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, LPP Padang Ikuti Upacara Bersama Presiden

 

Padang, INFO_PAS - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIB Padang beserta Jajaran mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia“, Rabu (1/6) secara virtual bergabung dengan Rutan Padang di Aula Lantai 3 Rutan Padang.

Upacara yang dimulai sekitar Pukul 06.45 WIB ini dilaksanakan secara langsung dan terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kel. Kotaraja, Kec.Ende Utara, Kab.Ende, Nusa Tenggara Timur dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Presiden Republik Indonesia, Bpk.Joko Widodo.

Dalam amanatnya, Inspektur upacara menyampaikan beberapa hal diantaranya yaitu bahwa peristiwa hari lahirnya Pancasila berawal dari merumuskan dan merenungkan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI dan mewariskan Pancasila sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beliau juga mengajak seluruh Anak Bangsa dimanapun berada untuk sama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pancasila telah menyatukan kita semua dan menjadi penuntun dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi Bangsa Indonesia. Kita harus mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila baik dalam segi kehidupan maupun dalam Pemerintahan. Merupakan tugas seluruh komponen Bangsa untuk mengamalkan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa", ujar Presiden.

"Pada saat menghadapi Pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan juga dalam menghadapi krisis ekonomi dan pangan yang terjadi di belahan dunia lainnya, Pancasila tetap menjadi dasar Bangsa Indonesia untuk menjadi Bangsa yang berKetuhanan, berPerikemanusiaan, berSatu, berMusyawarah untuk terwujudnya keadilan sosial", tambah beliau.

Presiden juga mengajak agar Pemimpin di seluruh Indonesia menjadi pelopor dalam mengamalkan nilai yang ada pada sila-sila Pancasila. Upacara inipun berlangsung dengan lancar dan khidmat. (hms)


Cetak   E-mail