Kalapas Perempuan Padang Ikuti Rakernis Pemasyarakatan Tahun 2021 Secara Virtual

Padang, INFO_PAS - Dalam rangka evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi Pemasyarakatan, Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Padang didampingi Staff Keuangan ikuti Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pemasyarakatan Tahun 2021 yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, diikuti oleh para Pimpinan Tinggi Pratama juga seluruh Kepala Divisi Pemasyarakatan se-Indonesia yang berpusat di The Sultan Hotel & Residence serta seluruh Satuan Kerja (Satker) se-Indonesia secara virtual dengan mengusung tema "Back To Basic" Pemasyarakatan Semakin PASTI, Jum'at (8/10).

Kegiatan yang dimulai Pukul 08:00 WIB ini dibuka dengan menampilkan iklan Produk-produk unggulan Lapas/Rutan yang diproduksi oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain untuk pemasaran, penayangan iklan pada kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memotivasi setiap Satker Pemasyarakatan agar lebih aktif dan berlomba-lomba untuk jadi lebih baik lagi dalam memberikan pembinaan kepada WBP.

Selanjutnya, Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Reynhard SP Silitonga juga memberikan apresiasinya atas terlaksananya Rakernis Pemasyarakatan Tahun 2021 dengan baik tanpa ada kendala sedikitpun.

Kegiatan yang telah berjalan selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 6 hingga 8 Oktober 2021 ini membahas mengenai penentuan langkah-langkah strategis dalam menghadapi isu-isu aktual seperti kepadatan penghuni (overcrowded) lapas/rutan yang berpotensi meningkatkan resiko gangguan kamtib, pembinaan yang tidak optimal dan lingkungan yang tidak kondusif. Selain itu, isu-isu lainnya yang sedang hangat juga dibahas dalam kegiatan tersebut.

"Dengan terlaksananya Rakernis ini, diharapkan tercapainya keseragaman pedoman pada Satker Pemasyarakatan dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi Pemasyarakatan.Selain itu, melalui hasil kegiatan ini diharapkan adanya peningakatan pemahaman Petugas Pemasyarakatan terhadap tugas dan fungsi pemasyarakatan", ujar Dirjenpas. (hms)


Cetak   E-mail